WASPADA Batu Ginjal! Inilah 6 Efek Samping Minum Suplemen Kolagen yang Wajib Kamu Tahu

- 29 Maret 2024, 15:15 WIB
Ilustrasi suplemen kolagen
Ilustrasi suplemen kolagen /Pixabay/Stevepb

LINGKARTANGERANG.COM - Tak sedikit orang yang mengonsumsi suplemen kolagen untuk mendapatkan kulit dan rambut yang indah, serta kuku yang kuat. Namun, apakah suplemen tersebut benar-benar aman?

Kolagen sendiri merupakan protein mendasar dalam tubuh. Hal ini berfungsi sebagai komponen struktural utama jaringan seperti kulit, otot, tulang, dan tendon.

Struktur triple helixnya yang unik, terdiri dari asam amino seperti glisin dan prolin memberikan kekuatan, stabilitas, dan elastisitas pada jaringan ini.

Kolagen dapat membantu menjaga kesehatan, mengencangkan dan menghidrasi kulit, serta meningkatkan fleksibilitas sendi dan kekuatan tulang.

Baca Juga: Cewek Wajib Tahu! 5 Makanan Ini Bisa Bentuk Kolagen pada Tubuh Secara Alami, Bisa Cegah Penuaan Dini

Tak hanya itu, kolagen juga penting dalam menjaga kesehatan otot dan berkontribusi dalam proses penyembuhan luka pada tubuh secara alami.

Karena produksi kolagen pada tubuh menurun seiring bertambahnya usia, mengonsumsi suplemen kolagen dianggap dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Meskipun memiliki berbagai manfaat, penting untuk diketahui bahwa mungkin suplemen kolagen yang kamu konsumsi selama ini memiliki efek samping.

Melansir dari Times of India, berikut ini adalah 6 efek samping dari mengonsumsi suplemen kolagen yang wajib kamu ketahui:

1. Risiko Batu Ginjal

Salah satu efek samping suplemen kolagen ada hubungannya dengan batu ginjal.

Halaman:

Editor: H Prastya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah