Harus Tahu, Ini Shalat Witir yang Dilakukan Rasulullah SAW Selama Ramadhan Menurut Buya Yahya

- 9 Maret 2024, 18:30 WIB
Buya Yahya menjelaskan shalat witir Rasulullah SAW selama Ramadhan.
Buya Yahya menjelaskan shalat witir Rasulullah SAW selama Ramadhan. /Tangkapan layar kanal YouTube Al Bahjah TV/

LINGKARTANGERANG.COM - Ramadhan hanya tinggal menghitung hari. Pada bulan ini, umat Islam disunnahkan untuk melakukan banyak ibadah, termasuk shalat witir yang sebelumnya mungkin sudah dilaksanakan.

Shalat witir sejatinya merupakan sunnah yang dilaksanakan setelah shalat Isya hingga sebelum terbit fajar. Ada yang menyebutnya sebagai penutup sehingga disarankan untuk tidak melaksanakan shalat lagi di hari yang sama.

Bagaimana sebenarnya shalat witir Rasulullah SAW, terutama di bulan Ramadhan? Berapa rakaat dan kapan dilaksanakan? Buya Yahya menjawab pernyataan tersebut.

Baca Juga: Buya Yahya Jelaskan Hukum 4 Jenis Gambar dan Seni dalam Islam, Nomor 4 Nggak Disangka!

Shalat Witir Rasulullah SAW Selama Ramadhan

Umumnya setelah melaksanakan shalat tarawih selesai ibadah wajib Isya, umat muslim langsung melaksanakan witir tiga rakaat. Hal ini termasuk rangkaian ibadah yang ada di masjid-masjid.

Namun, seperti halnya shalat tarawih, Nabi Muhammad SAW tidak selalu melaksanakannya di masjid secara berjamaah. Bahkan diketahui, beliau banyak mengerjakan sunnah sebanyak bilangan ganjil tersebut di rumah.

Buya Yahya menuturkan jawaban Aisyah r.a. salah seorang istri Nabi SAW ketika dinyata shalat Rasulullah selama Ramadhan.

"An Abi Salam dari Abi Salamah an Abdurrahmah, beliau bertanya kepada Aisyah. Siti Aisyah ditanya, bagaimana shalatnya Rasulullah di bulan Ramadhan? Aisyah pun menjawab, Tidaklah Rasulullah menambah di dalam dan di luar Ramadhan," tutur Buya Yahya sebagaimana dilansir LingkarTangerang.Com dari kanal YouTube Al Bahjah TV, 8 Maret 2024.

Baca Juga: Ini 5 Menu Sahur yang Sehat dan Lezat Selama Bulan Ramadhan, Ga Coba Nyesel!

Halaman:

Editor: H Prastya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah