Punya Anjing di Rumah Malaikat Rahmat Tak Mau Datang? Belum Tentu, Ini Jawaban Buya Yahya

- 9 Maret 2024, 21:20 WIB
Ilustrasi pertanyaan anjing di rumah sebabkan malaikat rahmat tidak datang?
Ilustrasi pertanyaan anjing di rumah sebabkan malaikat rahmat tidak datang? /Pezibear/

LINGKARTANGERANG.COM - Turunnya malaikat rahmat tentunya dinantikan setiap rumah keluarga muslim. 

Datangnya malaikat rahmat ke rumah membawa berkah bagi keluarga dan seluruh anggotanya. Namun, ada kondisi di mana malaikat rahmat tidak mau datang ke rumah. Berkah untuk keluarga pun berkurang.

Kondisi bagaimana yang menyebabkan malaikat rahmat tidak mau datang? Apakah adanya anjing di luar rumah yang dengan sengaja dipelihara menjadi salah satu penyebabnya?

Baca Juga: Harus Tahu, Ini Shalat Witir yang Dilakukan Rasulullah SAW Selama Ramadhan Menurut Buya Yahya

Buya Yahya menjelaskan alasan malaikat rahmat tidak mau datang ke rumah. 

Ada Anjing di Rumah Sebab Malaikat Rahmat Tidak Mau Datang?

Menurut Buya Yahya, ada beberapa alasan yang menyebabkan malaikat rahmat tidak mau masuk ke rumah. Salah satu kondisinya disepakati para ulama, yaitu bila di rumah ada karya seni yang memenuhi dua syarat.

Syarat pertama, gambar seperti makhluk yang bernyawa, dalam hal ini manusia atau hewan. Kedua, karya seni berbentuk seperti atau mirip aslinya. Beberapa tafsir menyebut, yang dimaksud Buya Yahya di sini adalah patung dengan berbagai bahan.

"Gambar dengan dua syarat, gambar bernyawa. Syarat yang kedua adalah berbentuk," ungkap Buya Yahya sebagaimana dikutip LingkarTangerang.Com dari kanal YouTube Al Bahjah TV, 29 Desember 2023.

Lebih lanjut ulama dengan nama lengkap Profesor Doktor Yahya Zainal Ma'arif ini mengatakan, kita haram memiliki segala bentuk karya yang bentuknya menyerupai makhluk bernyawa, kecuali untuk mainan anak kecil.

Halaman:

Editor: Dwi Novianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah