WOW! Makan Telur Ternyata Bisa Lindungi Tubuh dari Penyakit Berbahaya Ini

- 28 Maret 2024, 05:00 WIB
Ilustrasi telur
Ilustrasi telur /Pixabay/congerdesign/

LINGKARTANGERANG.COM - Mengonsumsi telur pada pagi hari ternyata banyak memberikan manfaat, salah satunya yakni dapat memberikan energi pada tubuh hingga makan siang. Selain itu, hal ini juga bisa memperkuat tulang Anda.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan di Food and Function pada Januari 2024 lalu, mengonsumsi telur utuh berhubungan dengan kepadatan tulang.

Bahkan dalam penelitian yang dilakukan terhadap populasi di Amerika Serikat (AS) itu, mengonsumsi telur dapat mengurangi risiko osteoporosis atau tulang lemah.

Baca Juga: Mengenal Gejala, Penyebab hingga Penanganan Penyakit Diabetes Insipidus, Wajib Disimak!

Meski demikian, penelitian tersebut bukanlah yang pertama kali. Pada Oktober 2023 lalu, sebuah tinjauan menyebutkan bahwa mengonsumsi telur merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kepadatan tulang dan menurunkan risiko patah tulang di kalangan orang tua.

Melansir dari Health.com, sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Midlife Health pada tahun 2021, juga mengidentifikasi hubungan antara makan telur utuh dan memiliki tulang yang lebih kuat.

Benarkan Makan Telur Bisa Membuat Tulang Lebih Padat?

Berdasarkan penelitian yang melibatkan lebih dari 19.00 orang dalam Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional, ditemukan bahwa peserta yang mengonsumsi setidaknya 3,53 ons telur utuh setiap hari atau sekitar dua butir telur besar mengalami peningkatan kadar BMD secara signifikan di tulang paha dan tulang belakang mereka.

Kepadatan mineral tulang mengukur kalsiun dan mineral lain di tulang. BMD yang rendah adalah tanda osteoporosis, yakni kepadatan tulang yang berkurang akan lebih besar kemungkinannya untuk patah.

Lansia memiliki risiko lebih tinggi terkena osteoporosis karena seiring bertambahnya usia, manusia kehilangan lebih banyak tulang daripada pertumbuhannya.

Baca Juga: Mari Kita Memahami dan Mengenal Penyakit Asam Lambung: Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya

Halaman:

Editor: H Prastya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah