Memanas! China Sebabkan Kepanikan di Masyarakat Taiwan, AS Beri Peringatan

- 22 Februari 2024, 15:04 WIB
Ilustrasi - AS peringatkan China atas konflik dengan Taiwan
Ilustrasi - AS peringatkan China atas konflik dengan Taiwan /Pixabay/ oohhsnapp

LINGKARTANGERANG.COM - China telah diperingatkan bahwa semakin besarnya tindakan permusuhan terhadap Taiwan akan meningkatkan risijko "salah perhitungan" dan dapat mengarah pada konfrontasi langsung.

Peringatan dari Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) ini muncul beberapa hari setelah enam petugas penjaga pantai China menaiki kapal wisata Taiwan dan memeriksa dokumen penumpang selama setengah jam.

Kelompok wisatawan tersebut kemudian mengatakan kepada media lokal bahwa mereka mengkhawatirkan nyawa mereka setelah pihak berwenang China muncul di kapal mereka.

China pada akhir pekan lalu mengatakan, mereka akan meningkatkan penegakan hukum maritim di sekitar kepulauan Kinmen Taiwan sebagai tanggapan atas kematian dua nelayan mereka meninggal setelah speedboatnya terbalik saat dikejar oleh pihak berwenang Taiwan.

Baca Juga: China Kutuk Serangan AS ke Irak dan Suriah, Gencatan Senjata di Gaza Jadi Syarat Perdamaian Regional

Kinmen, tujuan wisata populer mendapat serangan besar-besaran selama Krisis Selat Taiwan Kedua pada tahun 1958 dan masih dijaga ketat hingga kini.

Menurut keterangan juru bicara Departemen Luar Negeri AS, pihaknya terus mendesak agar China menahan diri dan tidak melakukan perubahan sepihak terhadap status quo.

"Kami terus mendesak untuk menahan diri dan tidak melakukan perubahan sepihak terhadap status quo yang telah menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan dan di seluruh kawasan selama beberapa dekade," katanya, dilansir LingkarTangerang.com dari Express UK pada Kamis, 22 Februari 2024.

"Kami mendesak RRT untuk terlibat dalam dialog yang bermakna dengan Taiwan untuk mengurangi risiko salah perhitungan," sambungnya.

Sebabkan Kepanikan Masyarakat

Ketua Dewan Urusan Kelautan Taiwan, Kuan Bi-ling, mengatakan insiden di dekat Kinmen telah menyebabkan kepanikan masyarakat yang tidak perlu dan merupakan sebuah penyimpangan besar dari wilayah utara.

Halaman:

Editor: H Prastya

Sumber: Express UK


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah