Bagaimana Efek Minum Kopi saat Sahur Terhadap Kesehatan? Simak Penjelasannya di Sini!

- 22 Maret 2024, 20:57 WIB
Efek minum kopi saat sahur
Efek minum kopi saat sahur /Pexels/Elle Hughes/

LINGKARTANGERANG.COM - Minum kopi saat sahur telah menjadi kebiasaan umum di kalangan umat Muslim yang berpuasa selama bulan Ramadan.

Dalam beberapa tahun terakhir, minuman ini telah menjadi perdebatan hangat di antara para ahli kesehatan dan komunitas keagamaan.

Untuk memahami dampaknya, perlu diperhatikan efeknya pada kesehatan fisik dan mental.

Baca Juga: Menyelami Keangkeran Hotel Artemis: Sinopsis Film Spesial di Bioskop TransTV Malam Ini 22 Maret 2024

Manfaat Minum Kopi saat Sahur:

1. Peningkatan Kewaspadaan: Kandungan kafein dalam kopi dikenal dapat meningkatkan kewaspadaan dan daya tahan tubuh. Minum kopi saat sahur dapat membantu menjaga konsentrasi dan fokus selama berpuasa, terutama saat menjalankan tugas-tugas sehari-hari.

2. Energi Tambahan: Sahur adalah waktu untuk mengisi ulang energi sebelum memulai puasa seharian. Kopi, dengan kandungan kafeinnya, dapat memberikan dorongan tambahan yang diperlukan untuk menghadapi hari yang panjang tanpa makanan dan minuman.

3. Pembakaran Lemak: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Ini berarti minum kopi saat sahur bisa menjadi bagian dari strategi untuk menjaga berat badan dan komposisi tubuh selama Ramadan.

Baca Juga: Link Live Streaming Kualifikasi Piala Dunia 2026 Indonesia vs Vietnam di RCTI, STY: Kami Siap Tempur

Risiko dan Perhatian yang Perlu Diperhatikan:

1. Dehidrasi: Kafein memiliki sifat diuretik, yang berarti dapat meningkatkan produksi urine dan berpotensi menyebabkan dehidrasi. Ini menjadi perhatian khusus karena selama Ramadan, waktu untuk minum air sangat terbatas.

Halaman:

Editor: Dwi Novianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah