Mitos atau Fakta: Bahayakah Konsumsi Nanas bagi Ibu Hamil? Ini Penjelasannya

- 19 Maret 2024, 20:56 WIB
Menguak mitos atau fakta buah nanas bahaya dikonsumsi oleh ibu hamil
Menguak mitos atau fakta buah nanas bahaya dikonsumsi oleh ibu hamil /Pixabay/

LINGKARTANGERANG.COM - Ketika seorang wanita hamil, makanan yang dikonsumsi tidak hanya memengaruhi kesehatannya sendiri tetapi juga kesehatan janin yang dikandungnya.

Salah satu buah yang sering diperdebatkan mengenai keamanannya bagi ibu hamil adalah nanas.

Meskipun banyak yang percaya bahwa konsumsi nanas dapat membahayakan kehamilan, namun sebenarnya ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum mengambil kesimpulan.

Baca Juga: Sinopsis 'End Of A Gun' Hadir di Bioskop Trans TV Selasa 19 Maret 2024: Kisah Pria Misterius

Nanas, dengan rasa manis dan segarnya, kaya akan nutrisi seperti vitamin C, mangan, dan serat. Namun, ada aspek yang menjadi perhatian saat membicarakan konsumsi nanas selama kehamilan.

Salah satunya adalah kandungan enzim bromelain dalam nanas. Bromelain, yang terutama terdapat di bagian inti nanas, telah dikaitkan dengan efek seperti merangsang kontraksi rahim, yang dapat menjadi risiko bagi wanita hamil.

Namun, kebanyakan ahli kesehatan setuju bahwa jumlah bromelain yang terkandung dalam satu porsi nanas yang normal tidak cukup untuk menyebabkan efek merugikan pada kehamilan.

Baca Juga: Sinopsis 'Bus 657' Tayang di Bioskop TransTV 19 Maret 2024: Aksi Mendebarkan dan Penuh Adrenalin

Ini berarti, selama konsumsi nanas dalam jumlah moderat, risiko terhadap kesehatan ibu hamil dan janinnya cenderung rendah.

Halaman:

Editor: Dwi Novianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah