Bolehkah Minum Kopi Saat Sahur? Ternyata Ini Penjelasannya!

- 22 Maret 2024, 18:37 WIB
Ilustrasi minum kopi saat sahur
Ilustrasi minum kopi saat sahur /pexels.com/Pixabay/

LINGKARTANGERANG.COM - Memasuki bulan suci Ramadan, umat Muslim di seluruh dunia berpuasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari sebagai bagian dari ibadah yang diwajibkan.

Sahur, makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum fajar, memainkan peran penting dalam menjaga energi dan kesehatan selama puasa.

Salah satu minuman yang sering dipertanyakan adalah kopi. Meskipun beberapa orang menganggapnya sebagai penyemangat yang sempurna untuk sahur, pendapat tentang apakah boleh atau tidak meminum kopi saat sahur masih menjadi perdebatan.

Baca Juga: Menyelami Keangkeran Hotel Artemis: Sinopsis Film Spesial di Bioskop TransTV Malam Ini 22 Maret 2024

Keutamaan Minum Kopi Saat Sahur:

1. Menjaga Kewaspadaan: Kopi dikenal sebagai penambah energi yang efektif. Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu menjaga kewaspadaan dan memperbaiki suasana hati, yang bisa menjadi bantuan berharga selama puasa, terutama saat menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Mengurangi Rasa Lapar: Beberapa orang mengklaim bahwa minum kopi saat sahur membantu mengurangi rasa lapar dan haus selama berpuasa. Meskipun tidak menggantikan asupan makanan dan air yang seharusnya, kopi dapat memberikan sensasi kenyang sementara.

3. Memfasilitasi Konsentrasi dalam Ibadah: Bagi banyak orang, konsentrasi dan fokus dalam ibadah selama bulan Ramadan sangat penting. Minum kopi saat sahur dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus selama beribadah, seperti membaca Al-Quran atau melakukan doa.

Baca Juga: Rahasia Terungkap: Sinopsis Film Conspiracy Theory Tayang Eksklusif di Bioskop Trans TV 22 Maret 2024

Kontroversi seputar Minum Kopi Saat Sahur:

1. Efek Dehidrasi: Kafein dalam kopi memiliki sifat diuretik yang dapat meningkatkan produksi urin dan menyebabkan dehidrasi jika tidak diimbangi dengan asupan cairan yang cukup. Ini menjadi perhatian karena puasa itu sendiri sudah membatasi konsumsi cairan selama berjam-jam.

Halaman:

Editor: Dwi Novianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah