HATI-HATI! Inilah 8 Tanda Kamu Berkencan dengan Seorang Narsistik

- 19 Februari 2024, 09:55 WIB
Ilustrasi berkencan dengan pasangan narsistik
Ilustrasi berkencan dengan pasangan narsistik /Pixabay/Javaistan

LINGKARTANGERANG.COM - Gangguan kepribadian narsistik (NPD) adalah suatu kondisi kesehatan mental yang mempengaruhi rasa harga diri, identitas, serta cara seseorang memperlakukan diri sendiri dan orang lain. Hal ini lebih dari sekadar kesombongan atau keegoisan.

Memiliki gangguan kepribadian narsitik membuat penderitanya memiliki kebutuhan yang berlebihan untuk membuat orang lain terkesan atau merasa penting. Kebutuhan tersebut bisa menjadi cukup kuat untuk mendorong perilaku berbahaya yang berdampak negatif terhadap penderitanya maupun orang-orang di sekitarnya.

Narsistik bukan hanya tentang penampilan. Hal ini juga bisa melibatkan sifat atau kemampuan lain yang dimiliki oleh penderitanya seperti kecerdasan, kharisma, keterampilan artistik, kemampuan atletik, kekayaan, kekuasaan, dan kesuksesan.

Baca Juga: 6 Tanda dalam Mimpi yang Menunjukkan Kehidupan Masa Lalu: Salah Satunya Deja Vu!

Menurut psikolog dan pakar kesehatan mental, orang dengan gangguan kepribadian narsistik memiliki rasa mementingkan diri sendiri yang berlebihan dan terobsesi pada diri sendiri. Mereka memiliki ego yang tinggi dan percaya bahwa diri mereka lebih unggul dari orang lain.

Menjalin hubungan dengan seorang narsistik dapat menguras emosi dan menjerat Anda dalam dinamika yang tidak sehat. Pasalnya, mereka akan selalu memikirkan dirinya sendiri dan memiliki ego yang berlebihan.

Individu yang menjalin hubungan dengan orang yang narsistik sering kali menghadapinya. Dilansir LingkarTangerang.com dari Times of India, berikut ini adalah 5 tanda Anda berkencan dengan seorang narsistik:

1. Kepentingan Diri yang Berlebihan

Penderita NPD memiliki perilaku terobsesi pada diri sendiri. Mereka haus akan kekuasaan, ketenaran, kedudukan, serta selalu mengevaluasi status dan prestise dirinya di masyarakat.

Mereka tidak pernah siap untuk memahami sudut pandang orang lain. Dalam arti lain, mereka memiliki dorongan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti sudut pandang mereka.

2. Kurangnya Empati

Kurangnya empati merupakan tanda bahaya dalam hubungan apabila Anda merasa bahwa pasangan Anda kurang empati. Individu yang mengalami NPD menunjukkan kurangnya kepedulian terhadap orang lain dalam suatu hubungan.

Halaman:

Editor: H Prastya

Sumber: Times of India


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah